BAB 13 PENGARUH SITUASI
1.
Tipe – Tipe Situasi Konsumen
Situasi konsumen dapat didefiinisikan sebagai faktor
lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen
muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu.
Pengaruh situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang
timbul dari faktor yang khusus untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas
dari karakteristik konsumen dan karakteristik obyek. Situasi konsumen adalah
faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku
konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Sedangkan pengaruh
situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang timbul dari faktor yang khusus
untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas dari karakteristik konsumen dan
karakteristik obyek.
Jenis-jenis
Situasi Konsumen
A.
Situasi
Komunikasi
suatu proses penyampaian informasi
(pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling
mempengaruhi di antara keduanya.Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan
atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. pabila tidak ada
bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat
dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu,
misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.Cara seperti ini
disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
B.
Situasi
Pembelian
lingkungan atau suasana yang dialami
/ dihadapi konsumen ketika membeli produk dan jasa. Situasi pembelian akan
mempengaruhi pembelian.
Misal: ketika konsumen berada di
bandara, ia mungkin akan bersedia membayar sekaleng Coke berapa saja harganya
ketika haus. Sebaliknya, jika ia berbelanja Coke di swalayan dan mendapatkan
harganya relatif lebih mahal, ia mungkin sangat sensitif terhadap harga.
Konsumen tersebut mungkin akan menunda pembelian Coke dan mencari di tempat
lain.
Ø Tiga Tipe Situasi Pembelian
1) Straight Rebuy : pembelian dilakukan
secara teratur seperti yang sudah dilakukan sebelumnya, tanpa modifikasi.
2) Modified Rebuy : pembelian dengan
melakukan modifikasi (perubahan) spesifikasi produk, harga persyaratan
pengantaran dan syarat-syarat lainnya.
3) New Task : pembelia membeli produk
jasa untuk pertama kali. Di sini dibutuhkan lebih banyak informasi, lebih
banyak orang terlibat dan waktu yang lebih panjang untuk membuat keputusan.
2.
Interaksi Individu Dengan Situasi
Memahami serta menganalisis pengaruh situasi dalam proses
pembelian barang , banyak dan konsumen yang di pengaruhi oleh variasi dari
situasi lain yang sesuai dengan keadaan mereka saat itu. Belum tentu saat orang
lain menggunakan produk A saat ia berjemur di pantai tapi bisa saja orang lain
menggunakan produk A sebagai lotion untuk ke kantor atau kemanapun ia pergi
tidak harus saat berjemur saja. Jadi penggunaan produk tertentu tidak hanya
pada satu situasi saja tapi bisa untuk situasi lain untuk orang lain.
3.
Pengaruh Situasi Tak Terduga
Bagaimana seseorang mengerti akan potensi dari pengaruh
situasi yang tak terduga yang dapat merusak keakuratan ramalan yang didasarkan
pada maksud pembelian, yang tadinya dia tidak mau embeli barang tapi karena suatu hal jadi membeli barang
tersebut. Contoh : saat jalan ke pusat perbelanjaan, ayah melihat ingin membeli
baju baru padahal awalnya mereka ke pusat perbelanjaan hanya untuk belanja
bulanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar