Berbagai Faktor yang Memperbaiki Keputusan Beli
- Kebudayaan
- Status sosial
- Kelompok referensi kecil
Struktur Keputusan Beli
- Keputusan tentang jenis produk
- Keputusan tentang bentuk produk
- Keputusan tentang merk
- Keputusan tentang penjualannya
- Keputusan tentang jumlah produk
Tahap-tahap dalam Proses Pembelian
- Menganalisa kebutuhan dan keinginan
- Pencarian informasi dan penilain sumber-sumber
- Penilaian dan seleksi terhadap alternatif pembelian
- Keputusan untuk membeli
- Perilaku setelah pembelian
Berbagai Macam Situasi Pembelian
Jumlah dan kompleksitas kegiatan konsumen dalam pembeliannya dapat berbeda-beda. Menurut Howard, pembelian konsumen dapat ditinjau sebagai kegiatan penyelesaian suatu masalah, dan terdapat tiga macam situasi:
- Perilaku Responsi Rutin
Jenis perilaku pembelian yang paling sederhana terdapat dalam suatu pembelian yang berharga murah dan sering dilakukan. Dalam hal ini pembeli sudah memahami merk-mek beserta atributnya.
- Penyesalan Masalah Terbatas
Pembelian yang lebih kompleks dimana pemeli tidak mengetahui sebuah merk tertentu dalam suatu jenis produk yang disukai sehingga membutuhkan informasi lebih banyak lagi sebelum memutuskan untuk membeli.
- Penyelesaian Masalah Ekstensi
Pembelian yang sangat kompleks yaitu ketika pembeli menjumpai jenis produk yang kurang dipahami dan tidak mengetahui kriteria penggunaannya.
Proses Keputusan Beli Industrial
- Keputusan yang kompleks
- Pembelian formal
- Membangun hubungan jangka panjang
- Adanya aspek intra organisasi, inter organisasi dan hubungan internasional
Pendekatan Dalam Keputusan Beli Industrial
- Tingkat wewenang bagian pembelian
- Struktur wewenang
- Kebijakan pembelian
- Kriteria pembelian
Sumber:
http://wsmulyana.wordpress.com/2009/01/09/perilaku-konsumen/ , catatan kuliah pribadi
http://wsmulyana.wordpress.com/2009/01/09/perilaku-konsumen/ , catatan kuliah pribadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar